Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown Tuesday, December 4, 2012

 Data yang cukup serius diungkapkan oleh Jem Leape (dirjen WWF International), laporan mengenai banyaknya kekayaan hayati yang telah lenyap dari permukaan bumi hingga saat ini. Hasil laporan tersebut menyatakan bahwa sejak tahun 1970, flora dan fauna di muka bumi menurun kuantitasnya hingga sebesar 28 persen. Menurut Jim Leape bahwa menurunnya kekayaan hayati paling besar disumbang oleh negara-negara berkembang dan yang tergolong miskin. Negara-negara miskin banyak kehilangan ragam hayatinya karena didorong oleh beberapa faktor. Penyebab terbesar adalah hilangnya sebagian hutan yang mereka miliki. Penebangan hutan yang liar merupakan pembunuh masal bagi kehidupan flora dan fauna di suatu tempat. Oleh karena itu bagi negara-negara yang miskin memerlukan regulasi hukum yang ketat dalam menjaga kelangsungan alam yang ada di muka bumi. 
wwf demontrasi WWF International: Manusia Butuh 3 Planet Baru Pada 2050 Dari hasil penelitian organisasi lingkungan hidup ini juga menunjukkan bahwa manusia telah menguras habis sumber daya alam sampai 50 persen. Sehingga demi kelangsungan hidup di bumi diperlukan perubahan besar pada hubungan manusia dengan lingkungan, agar manusia lebih memperhatikan dan menjaga ragam hayati di negaranya masing-masing. Bila manusia terus hidup dengan pola pengurasan kekayaan alam yang tiada henti, maka tidak aneh bila organisasi kesehatan ini menyarankan agar manusia mempersiapkan 3 planet baru selain bumi. 3 planet sebagai tempat tinggal manusia yang baru tersebut harus dipersiapkan setidaknya sebelum tahun 2050. Mungkinkah? Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga keberagaman hayati di sekitar lingkungan kita:
1.      Hemat dalam menggunakan energi
wf-demo WWF International: Manusia Butuh 3 Planet Baru Pada 2050 Lakukan penghematan energi sebisa mungkin, caranya dengan mengganti alat elektronik yang banyak mengkonsumsi listrik dengan yang lebih hemat. Juga bisa dengan cara mematikan alat-alat elektronik yang tidak dipakai, misalnya mematikan lampu kantor saat pulang kerja atau mematikan tv dan radio saat kita akan tidur di rumah.
2.      Pilih kendaraan yang menyehatkan
 
 bersepeda ke kampus WWF International: Manusia Butuh 3 Planet Baru Pada 2050 Mungkin di Indonesia belum marak kendaraan yang menggunakan energi selain bbm, namun kita dapat berolahraga pergi ke tempat kerja atau sekolah dengan naik sepeda. Selain menyehatkan, cara ini akan dapat mengurangi penggunaan energi yang berlebih dan polusi di udara.
3.      Berinvestasi tanaman hijau
 menanam tanaman WWF International: Manusia Butuh 3 Planet Baru Pada 2050 Bila pemerintah sering mencanangkan program sejuta tanaman hijau, maka alangkah baiknya jika kita juga menanamkan tanaman di sekitar rumah kita. Pilihlah tanaman yang bermanfaat seperti tanaman buah dan obat. Rumah semakin nyaman dengan tanaman hijau, hati tentram karena ikut andil dalam menjaga kelangsungan hidup hayati di bumi.

Leave a Reply

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya !
Thank you for visiting my blog !

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Dimas wahyu - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Dimas Wahyu -