Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown Sunday, January 12, 2014

ITS hanya akan menerima 1.696 siswa dari jurusan IPA pada SNMPTN 2014. (Foto: dok. ITS) 
ITS hanya akan menerima 1.696 siswa dari jurusan IPA pada SNMPTN 2014. (Foto: dok. ITS)


JAKARTA - Tahun ini, penerimaan mahasiswa baru di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggunakan tiga jalur. Masing-masing adalah Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Program Kemitraan Mandiri (PKM).

Demikian disampaikan Ketua Pusat Informasi dan Komunikasi ITS Bekti Cahyo Hidayanto saat menerima kunjungan SMAN 1 Sidoarjo, belum lama ini. Bekti menambahkan, jumlah mahasiswa yang diterima dari proses SNMPTN adalah 50 persen dari jumlah total penerimaan.

Proses SNMPTN sendiri dilakukan dari seleksi nilai rapor. ''ITS hanya menerima pendaftar SNMPTN dari jurusan eksakta alias IPA, selain itu tidak bisa,'' ujar Bekti, seperti dinukil dari ITS Online, Minggu(12/1/2014).

Tahun ini, lanjutnya, ITS diperkirakan menerima 1.696 mahasiswa baru melalui proses SNMPTN. Bekti mengatakan, rangkaian SNMPTN dimulai dengan proses pengisian nilai rapor oleh pihak sekolah pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Pengisian nilai rapor telah dilaksankan sejak 6 Januari dan akan berakhir pada 6 Maret 2014.

Setelah proses verifikasi nilai dari pihak Dikti selesai, pendaftar SNMPTN diperkenankan memilih dua PTN yang diminati. Namun, salah satu PTN harus berada di provinsi asal.

"Pendaftar dapat memilih tiga program studi. Jika pendaftar hanya memilih satu program studi, maka siswa tersebut bebas untuk memilih PTN tanpa batas provinsi," paparnya.

Ditemui di tempat berbeda, Kepala Badan Akademik ITS Ismaini Zain mengungkap, proses penerimaan tahun ini cukup berbeda dengan sebelumnya. Sebab, kepala sekolah tidak lagi ikut melakukan verifikasi pilihan program studi dan PTN anak didik mereka.

"Siswa sendiri yang memilih PTN tujuannya. Dia sendiri yang akan melakukan verifikasi, pihak sekolah hanya mengarahkan,'' kata Ismaini.

Menurut Ismaini, ada sejumlah hal teknis dalam proses seleksi SNMPTN yang harus diperhatikan oleh para pendaftar. Dia pun meluruskan anggapan kurang tepat terkait penilaian rapor.

"Anggapan bahwa nilai rapor harus naik dari semester satu hingga enam itu salah. Nilai rapor boleh turun asal turunnya tidak begitu banyak, karena nilai yang fluktuatif itu lumrah," imbuhnya.

Selain SNMPTN, ITS juga menerima mahasiswa baru dari SBMPTN sebesar 30 persen dari jumlah total penerimaan. SBMPTN merupakan seleksi tulis yang dilakukan serentak oleh calon mahasiswa baru di bawah naungan Dikti. Jalur ini membuka kesempatan bagi siswa program IPS untuk dapat mendaftarkan diri di beberapa jurusan di ITS seperti Perencanaan Wilayah Kota, Sistem Informasi, Desain Produk Industri, dan Manajemen Bisnis.

Selain itu, ITS juga memberi kesempatan lain untuk mendaftar melalui seleksi PKM. Pendaftar yang telah mengikuti SBMPTN sebelumnya, dapat menggunakan hasil tes tulisanya untuk mengikuti jalur seleksi ini.

Ismaini menyatakan, ITS menyediakan kuota 20 persen pada seleksi PKM. ''Biasanya tiap jurusan menuliskan berapa nilai SBMPTN minimal untuk dapat mengikuti proses seleksi ini,'' urai Ismaini. 

Leave a Reply

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya !
Thank you for visiting my blog !

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Dimas wahyu - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Dimas Wahyu -