Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown Sunday, January 12, 2014

Ilustrasi: okezone 

JAKARTA - Kurikulum pendidikan dokter yang ada sebetulnya diharapkan dapat mencetak para dokter yang akan bekerja sebagai dokter layanan primer. Baik buruknya pelayanan kesehatan di suatu negara, akan mencerminkan pula baik buruknya pendidikan dokter di negara yang bersangkutan.

Prof. Dr. dr. R. Sjamsuhidajat, SpB(K)BD dari Departemen Pendidikan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menjelaskan, pendidikan kedokteran di seluruh negara di dunia sedang mengalami pancaroba sejak awal abad ini. Pendidikan tinggi di Indonesia memang tidak merupakan konsep asli Indonesia atau dunia timur, melainkan berasal dari Eropa.

"Universitas dalam pengertian yang asli sudah ada sejak abad ke-16 di daratan Eropa dan Inggris," ujar Sjamsuhidajat dalam Seminar Forum Bahasan Mencari Solusi II Quo Vadis Dokter Indonesia, di Auditorium Prodia Tower, Jakarta Pusat, Sabtu (11/1/2014).

Pada 1854, Prof. Sjamsuhidajat melanjutkan, John Henry Newman menggambarkan universitas sebagai a living repository of knowledge. Para guru besar (gubes) dan semua pengajar di universitas merupakan repositori ilmu pengetahuan yang hidup.

"Selain itu, mereka juga melakukan penelitian dan membuat sebuah universitas sebagai inkubator pengetahuan. Jadi, universitas bukan semata-mata tempat pendidikan mahasiswa," ucapnya.

Lebih lanjut, sejarah pembentukan universitas di Indonesia, khususnya Universitas Indonesia (UI) mengalami masa-masa sulit. Sampai sekarang, fakultas kedokteran tetap merupakan lanjutan Sekolah Tinggi Kedokteran dan tetap memegang otonomi besar di dalam tubuh universitas.

"Bersama dengan fakultas-fakultas lain dalam UI terbentuk julukan 'multi-fakultas', karena tidak berhasilnya semua fakultas tersebut melebur dalam universitas seperti yang digambarkan oleh John Henry Newman. Ini juga yang menyebabkan single tract development terjadi dalam cara berpikir dan bertindak semua staf akademis yang berkarya di dalam UI," ungkapnya.

Leave a Reply

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya !
Thank you for visiting my blog !

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Dimas wahyu - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Dimas Wahyu -